Pentingnya Pintu Hermetic untuk Laboratorium yang Perlu Anda Tahu!

Pentingnya Pintu Hermetic untuk Laboratorium yang Perlu Anda Tahu!

Fasilitas pendidikan ataupun penelitian saat ini memiliki keamanan yang sangat tinggi terutama pada fasilitas yang meneliti organisme tertentu seperti virus atau nuklir. Hal ini karena dikhawatirkan terjadi kontaminasi bahkan radiasi yang menyebabkan kejadian berbahaya. Pada pintu sendiri pun ada ketentuan tertentu salah satunya bisa dengan pintu hermetic untuk laboratorium.

Sebenarnya keberadaan pintu untuk laboratorium ataupun fasilitas kesehatan memang memiliki standar tertentu. Standar ini diciptakan agar tercipta rasa aman dan juga memperhatikan bagaimana fasilitas tersebut bisa sesuai dengan keadaan yang diinginkan. Ada beberapa yang bahkan harus tertutup rapat dan kuat seperti pintu hermetic untuk laboratorium yang bisa Anda pilih ini.

Peraturan Menteri Kesehatan Penggunaan Pintu di Laboratorium Klinik

Laboratorium sendiri memiliki berbagai jenis mulai dari laboratorium komputer hingga laboratorium klinik. Yang paling banyak ditemukan di daerah sekitar biasanya adalah laboratorium klinik biasanya terletak di klinik ataupun rumah sakit. Sebenarnya, laboratorium sendiri memiliki peraturan mengenai penyelenggaraan yang baik dan benar dari Menteri Kesehatan.

Menteri Kesehatan dalam Peraturan No. 43 tahun 2013 menyatakan bahwa keberadaan laboratorium klinik ini berfungsi mendukung peningkatan kualitas kesehatan. Di peraturan tersebut terdapat persyaratan konstruksi ruang laboratorium yang pada poin 3 menyebutkan perihal pintu.

Pintu laboratorium disebutkan harus rapat untuk mencegah serangga masuk dengan tinggi 2,10 m dan lebar 1,20 m minimal. Kerapatan pintu menjadi poin utama karena ketika terjadi kontaminasi, hasil yang didapatkan dari lab tersebut juga bisa meleset. Keberadaan serangga juga bisa mengganggu semua proses yang dijalankan atau menjadi lebih berantakan.

Kemampuan dan Fungsi yang Dimiliki Pintu Hermetic

Keberadaan pintu hermetic tentu saja lebih unggul daripada keberadaan pintu manual ataupun pintu otomatis lainnya. Pintu ini memiliki beberapa fungsi tersendiri dan juga kemampuan yang tidak bisa ditemukan pada pintu lain. Berikut adalah beberapa kemampuan dari pintu hermetic untuk laboratorium Anda yang kami sediakan:

1. Sensor untuk Membuka dan Menutup Otomatis

Fungsi pertama dari hermetic door yang paling dibutuhkan adalah kemampuan automasinya dalam hal membuka dan menutup yang akan memudahkan pergerakan. Pada laboratorium sendiri, sudah pasti terdapat beberapa cairan berbahaya yang kemungkinan bisa menempel pada gagang pintu saat hendak keluar.

Keberadaan sensor ini membuat petugas laboratorium tidak perlu memegang gagang pintu untuk masuk atau keluar sehingga kemungkinan kecelakaan kerja lebih kecil. Keberadaan sensor otomatis juga memudahkan ketika hendak masuk ke dalam dengan barang bawaan tertentu. Akan sangat sulit membawa cairan kimia yang tidak boleh diletakkan sembarangan saat hendak masuk.

2. Ketahanan Terhadap Api

Salah satu hal yang paling beresiko dalam hal laboratorium sendiri adalah kebakaran baik di dalam lab ataupun di luar yang bisa merembes ke dalam. Ketika lab terbakar, kemungkinan besar nyala api akan semakin besar yang bisa beresiko pada keseluruhan bangunan nantinya.

Pintu hermetic ini diciptakan dari bahan yang lebih tahan terhadap api sehingga ketika kebakaran, api akan sangat sulit untuk melewati ruangan. Keberadaan pintu yang tahan api ini juga berperan penting pada keselamatan petugas laboratorium saat terjadi kebakaran. Pintu yang terbakar akan mempersulit akses pelarian karena biasanya tidak banyak tempat terbuka yang bisa digunakan.

3. Menutup Dengan Rapat Otomatis

Adanya pintu hermetic dengan motor penggerak otomatis bisa diatur sedemikian rupa agar bisa langsung menutup sempurna tanpa celah. Keberadaan ini tentu sangat membantu ketika sedang terburu-buru dan juga menghemat waktu mengingat di laboratorium selalu butuh konsentrasi lebih untuk pekerjaan.

Terlebih lagi biasanya ketika di dalam sebuah laboratorium, dikhawatirkan ada kebocoran dalam penyimpanannya yang bisa membahayakan. Sudah pasti Anda tahu bahan penelitian bisa sangat berbahaya baik dari bau ataupun organismenya seperti virus. Jadi pintu hermetic dari kami bisa mengurangi kemungkinan buruk tersebut dan membantu memudahkan pekerjaan Anda.

4. Mencegah Kontaminasi Bakteri

Udara dari luar bisa sangat mengganggu segala bentuk percobaan yang dilakukan di dalam suatu laboratorium. Jika mata melihat angin sebagai sebuah benda yang tidak kasat mata maka ketika dilakukan penglihatan secara mikroskopis, ada banyak kandungan di dalamnya. Hal ini seperti misalnya spora dari jamur yang bisa mengkontaminasi bahan di dalam lab.

Percobaan atau proses tertentu yang dilakukan umumnya membutuhkan keadaan steril dari udara yang bisa mengakibatkan kontaminasi bakteri dan lainnya. Pintu hermetic sudah diatur untuk keamanan ini sehingga tidak ada lagi bakteri yang bisa masuk. Celah kecil saja sangat mampu untuk membawa jamur dan organisme lain mengganggu pekerjaan dalam lab.

5. Penambah Estetika

Salah satu hal yang bisa didapatkan di produk pintu hermetic milik kami adalah pada unsur estetika ruangan yang bisa Anda miliki. Jika biasanya jarang sekali memperhatikan fungsi pintu untuk menambah estetika, maka tidak dengan pintu ini.

Pintu Hermetic yang terbuat dari stainless steel ini bisa menambah kesan modern pada laboratorium Anda tentunya dengan berbagai fungsi yang menarik lainnya. Jika bosan dengan pintu polos, maka bisa juga meminta custom untuk pintu dengan gambar tertentu yang bisa menjadi aksen berbeda yang memperindah laboratorium milik Anda.

Jenis Pintu Hermetic Untuk Laboratorium

Pada dasarnya pintu hermetic sendiri memiliki beberapa jenis dan ragam yang berbeda desainnya. Perbedaan ini utamanya lebih menyesuaikan pada bagaimana kondisi ruangan tersebut apakah terlalu sempit ataupun masih lebar. Ini dia beberapa jenis pintu hermetic yang bisa Anda pesan di kami:

1. Hermetic Swing Door

Jenis yang pertama ini sesuai namanya adalah pintu hermetic yang membukanya dengan cara diayunkan keluar seperti pintu pada umumnya. Biasanya penggunaan pintu jenis ini pada ruangan yang terletak pada sudut lorong yang tidak memiliki area bukaan terlalu lebar di depannya.

Jenis pintu ini memiliki dua daun pintu ataupun bisa juga satu tergantung pada bagaimana mobilisasi barang di ruangan tersebut. Lebih lagi, jenis ini bisa diatur untuk dibuka secara manual ataupun otomatis sesuai dengan kebutuhan Anda. Pintu manual bisa digunakan ketika tingkat keamanan yang diperlukan laboratorium bisa dikatakan tidak terlalu tinggi.

2. Hermetic Sliding Door

Jenis pintu kedua ini memiliki perbedaan pada cara membukanya dimana pintu ini terbuka dengan cara bergeser ke sebelah samping. Penggunaan pintu ini bisa pada ruangan yang memiliki area bebas di bagian depannya dan tidak terhalang tembok misalnya.

Pintu ini bisa diatur untuk memiliki sensor dari kaki atau pergerakan tubuh dan bisa juga diatur membuka secara manual. Pintu jenis ini akan memberikan kesan lebih modern karena masih belum banyak ditemukan pintu seperti ini di banyak tempat. Tipe sliding ini biasa digunakan untuk mobilisasi barang yang memiliki volume cenderung besar dan tidak perlu ditahan nantinya.

Itu dia beberapa hal penting mengenai pintu hermetic untuk laboratorium yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Kami menyediakan hermetic door dengan teknologi terkini dari Jerman yang bisa juga menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tidak perlu khawatir karena tim yang kami miliki adalah para profesional terlatih di bidang ini.

Silahkan hubungi kami secepatnya untuk informasi pemasangan pintu hermetic atau pintu otomatis lainnya di kontak di bawah ini:



KONTAK KAMI

Phone : 0812 8802 5058

Whatsapp : 081288025058

Email : Lukmannulhakim81@gmail.com

Info terkait :

Leave a Reply