Modular Operating Theatre Ruang OK Terbaik Sesuai Standar, Hubungi HP/WA 081 288 025 058

Autodoor.co.idSedang mencari peralatan ruang operasi (Modular Operating Theatre) sesuai standar nasional? Kami adalah solusi terbaik untuk peralatan ruang operasi. Sebagai produsen Modular operating Theatre Ruang OK, kami melayani keperluan anda dengan peralatan yang memenuhi standar nasional tentunya. Tidak perlu ragu karena kami selalu memberikan peralatan Modular Operating Theatre kualitas terbaik.

Modular Operating Theatre Ruang OK Terbaik Sesuai Standar

Sebuah rumah sakit memiliki standar tertentu untuk bisa beroperasi sebagaimana mestinya. Mengenai hal tersebut, pemerintah telah mengatur mengenai standar apa yang harus dipenuhi untuk sebuah ruangan bedah (OK). Standar tersebut disebut dengan Modular Operating Theatre. Anda memerlukan Modular Operating Theatre ruang OK sebagai standar nasional.

Apa Itu Modular Operating Theatre?

Modular Operating Theatre merupakan system yang berlaku di ruangan bedah yang diintergasi dengan control panel. System ini yang akan bekerja menunjang ruangan bedah yang sesuai dengan standar nasional yang ditetapkan pemerintah. Standar sebagai tolak ukur pemenuhan system Modular Operating Theatre ruang OK agar semua proses dalam ruang terintegrasi dengan baik.

Modular Operating Theatre ruang OK meliputi peralatan-peralatan yang menunjang aktivitas pembedahan dalam ruang bedah. System tersebut meliputi lampu ruangan sebagai penerangan, pintu hermetic untuk menjaga ruangan tetap steril, dan sandwich panel wall. Selain itu, HVAC (Heating, Ventilation, dan Air-Conditioning) atau system alat udara juga bagian dari system ini.

Standar MOT Sesuai Hukum Pemerintah

Dalam memenuhi peralatan dalam ruang bedah, anda tidak bisa melakukannya dengan sembarangan. Modular Operating Theatre ruang OK secara tegas telah diatur oleh pemerintah dalam Undang-Undang dan Peraturan Menteri Kesehatan. Hal ini tentu menjadi pedoman bagi mereka yang bekerja di rumah sakit, khususnya ruang bedah. Nah berikut ini hukum yang mengatur MOT yang menjadi standar nasional ruang OK.

1. Menurut UUD RI No.44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit

Dasar hukum mengenai standar Modular Operating Theatre ruang OK dapat dilihat dalam UU RI No.44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. Dalam Undang-Undang ini, semua hal berkaitan dengan rumah sakit telah diatur. Mulai dari pengertian, fungsi, peralatan, sarana dan prasarana, tenaga medis bahkan klasifikasi rumah sakit.

Pemahaman mengenai UU RI No.44 ini harus diketahui oleh tenaga medis. Untuk peralatan rumah sakit, telah diatur dalam pasal 10 dan 11. Aturan mengenai Modular Operating Theatre ruang OK tidak dibahas lebih lanjut karena dalam Undang-Undang ini hanya dibahas rumah sakit secara umum.

2. Peraturan Menteri Kesehatan No.56 Tahun 2014 Tentang Klarifikasi dan Perizinan Rumah Sakit

Selanjutnya, untuk melaksanakan system Modular Operating Theatre ruang OK maka diperlukan perizinan terlebih dahulu. Rumah sakit tidak akan bisa menjalankan fungsinya ketika tidak mengantongi perizinan resmi dari pemerintah. Dalam PerMenKes No.56 Tahun 2014 telah diatur mengenai klasifikasi rumah sakit, standar bangunan, dan perizinan.

Peraturan Menteri Kesehatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dan pelayanan rumah sakit. Aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah ini harus diikuti untuk mewujudkan rumah sakit dengan mutu yang tinggi dalam pelayanan.

3. Peraturan Menteri Kesehatan No.24 Tahun 2016 Persyaratan Bangunan dan Prasarana Rumah Sakit

Dalam PerMenKes No.24 Tahun 2016 telah diatur lebih lanjut mengenai persyaratan bangunan dan prasarana rumah sakit. Peraturan ini mencakup mengenai luas minimal rumah sakit, instalasi rawat inap lokasi rumah sakit hingga bagaimana bentuk ruangan. Modular Operating Theatre ruang OK juga sudah mulai dibahas secara detail dalam peraturan ini.

Beberapa poin mengenai MOT ruang bedah. Hal tersebut meliputi intensitas cahaya yang dibutuhkan, kelembaban ruangan 40 hingga 60%. Selain itu juga diatur mengenai tekanan udara yang harus positif, 4 kali pertukaran udara dalam satu jam saat ruang bedah tidak beroperasi. Selain itu peralatan ruang bedah ditempel atau ditanam di dinding.

4. Keputusan Presiden No.13 Tahun 2011 Mengenai Saving Energy

Aturan lain yang menjadi pedoman rumah sakit dalam menerapkan Modular Operating Theatre ruang bedah KePres No.13 Tahun 2011. Keputusan Presiden ini mengatur mengenai standar penggunaan energi listrik untuk berbagai keperluan. Hal ini juga yang menjadi pedoman rumah sakit dalam menentukan besaran energi yang dibutuhkan untuk peralatan MOT.

Dalam KePres No.13 Tahun 2011 ini salah satu poinnya mengatur mengenai listrik untuk tata udara non standar. Poin tersebut menjelaskan bahwa untuk 1 set tata udara non standar, penggunaan listrik tidak boleh lebih dari 10% dari jumlah keseluruhan cooling. Unit tata udara ini bisa menghemat listrik 20% bahkan lebih.

5. Persyaratan Ruang Operasi Menurut Keputusan Menteri Kesehatan No.1204

Setelah mengetahui beberapa hukum yang menjadi dasar pengadaan Modular Operating Theatre di ruang bedah selanjutnya dibahas mengenai persyaratan ruang operasi. Dalam Keputusan Menteri Kesehatan No.1204 Tahun 2004, ruang operasi harus mengikuti standar yang telah ditentukan. Adapun standar tersebut berisi poin-poin berikut ini.

  • Indeks angka kuman untuk ruang operasi yakni sekitar 10 CFU/m3
  • Indeks pencahayaan untuk ruang operasi berkisar dari 300 hingga 500 lux
  • Standar suhu yang digunakan yaitu 19 hingga 24 derajat celcius dengan kelembaban ruangan 45 hingga 60%
  • Tekanan udara dalam ruangan operasi harus positif
  • Indeks suara dalam ruang operasi sekitar 45 dBA
  • Sedangkan waktu pemaparan berlangsung selama 8 jam

Pengujian kualitas udara dengan mengukur kuman, debu dan gas perlu dilakukan untuk mengukur seberapa cepat udara bergerak. Sebagian besar rumah sakit yang ada di Indonesia belum menerapkan pengujian ini untuk ruang operasi. Padahal cara pengukuran ini bisa dilakukan dengan mudah melalui cara konvensional.

6. Ruang Operasi Dengan Udara Positif

Udara positif dalam ruang operasi menjadi standar yang harus dipenuhi. Namun beberapa ruang operasi di rumah sakit tidak terlalu memperhatikan hal tersebut. Mereka tidak memperhatikan apakah udara dalam ruangan operasi positif atau tidak. Beberapa kondisi tata udara lah yang membuat ruang operasi sulit mendapatkan udara positif.

Salah satu kondisi yang menyebabkan hal tersebut adalah system tata udara yakni Air Conditioner tidak sesuai standar. Rumah sakit biasanya tidak memperhatikan penggunaan AC yang mampu menciptakan udara positif. AC yang tidak menggunakan system pemasok dan pengembalian udara tidak akan membuat ruangan memiliki udara positif.

Air Conditioner seperti ini tidak maksimal dalam mendistribusikan udara. Udara dalam ruangan tidak akan menjadi positif saat AC tidak memasok udara dari luar kemudian ditukar dengan udara yang ada di dalam ruangan. AC yang bisa menciptakan udara positif adalah AC yang bisa menyerap udara dari luar dan mendistribusikannya ke dalam ruangan.

Hubungi Kami Untuk Mendapatkan MOT OK

Nah anda pasti sudah tau mengenai standar MOT untuk ruang bedah berdasarkan dasar hukum yang berlaku tentunya. Untuk itu anda perlu memenuhi semua persyaratan yang diperlukan untuk ruangan bedah. Persyaratan tersebut meliputi peralatan pencahayaan, dinding, pintu dan tata udara.

Tunggu apalagi segera lakukan pemesanan peralatan Modular Operating Theatre ruang OK, karena kami adalah produsen sekaligus instalasi MOT berkualitas. Untuk informasi lebih lengkap seputar peralatan MOT silahkan hubungi admin kami. Lakukan pemesanan sekarang juga untuk mendapatkan peralatan MOT ruang bedah berkualitas dengan harga yang lebih hemat.

PEMESANAN

Silahkan hubungi kami untuk pemesanan dan juga konsultasi mengenai Modular Operating Theatre Ruang OK Terbaik Sesuai Standar, melalui nomor di bawah ini :

LUKMAN NH
HP/WA 081 288 025 058
E-MAIL Lukman@lukman.co.id

Atau Klik Banner Dibawah

Baca Juga : Modular Operating Theatre Ruang Terlengkap Solusi Pelayanan Kesehatan Terbaik

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *