Dapatkan Jenis HEPA Filter untuk MOT dan Jasa Pemasangannya Di Sini!

Dapatkan Jenis HEPA Filter untuk MOT dan Jasa Pemasangannya Di Sini!

Ruang operasi yang menerapkan Modular Operating Theatre (MOT) membutuhkan sistem sirkulasi udara yang memadai. Salah satu bagian dari sistem sirkulasi ini adalah HEPA Filter yang merupakan alat penyaring debu dan berbagai partikel kecil lainnya. Untuk menjaga ruangan tetap pada sterilitas tertentu, diperlukan jenis HEPA Filter untuk MOT yang sesuai. 

HEPA sendiri adalah singkatan dari High Efficiency Particulate Air. Alat penyaring udara ini menjamin penyaringan dengan tingkat efisiensi yang tinggi. Dan tidak hanya ruang operasi di rumah sakit, industri tekstil dan farmasi juga membutuhkan HEPA Filter ini.

Standar HEPA Filter

Terdapat ketentuan yang mengatur standar efisiensi HEPA Filter, yang telah berkembang di Eropa sejak 1974. Standar tersebut merupakan modifikasi dari standar Amerika. Metode tes standar Eropa sendiri muncul pada 1993 dengan nama EN779. Acuan EN779 mengalami 2 kali perubahan, yaitu pada 2002 dan 2012. 

Secara garis besar, di dalam EN779 2012  terdapat 3 kelas dalam penentuan standar penyaringan. Pertama adalah penyaringan kasar yang dikodekan dengan huruf G. Penyaringan kasar ini berdasarkan pengujian debu Ashrae 52. Pengujian ini dirancang untuk mendeteksi perubahan kinerja filter sepanjang masa pakainya.

Terdapat 4 tingkatan pada tipe G ini yang ditandai dengan angka. Ada tipe paling rendah, yaitu G1 yang penangkapan rata-ratanya sekitar 50%-65%. Kemudian disusul G2 dan G3 dengan penangkapan rata-rata lebih tinggi. Sementara pada G4, terdapat nilai penangkapan rata-rata sebesar lebih dari 90%.

Kelas kedua adalah kelas menengah dengan kode M. Pengujiannya adalah berdasarkan efisiensi rata-rata pada ukuran partikel 0,4 μm. Pada kelas ini didapatkan 2 tingkatan lagi. Tingkatan M5 memiliki efisiensi sekitar 40%-60%. Sementara tingkatan M6 efisiensinya adalah 60%-80%.

Kemudian ada kode F yang merupakan kelas paling halus. Selain diuji dengan efisiensi rata-rata, kelas F ini juga diuji dengan efisiensi minimum. Kedua pengujian dilakukan pada ukuran partikel 0,4 μm. Kelas halus ini memiliki 3 tingkatan lebih spesifik.

Ada F7 dengan nilai efisiensi rata-rata 80% sampai <90% dan efisiensi minimum 35. Kemudian ada F8, nilainya 90% sampai <95% dan minimum 55. Dan terakhir dengan nilai efisiensi rata-rata di atas 95% dan efisiensi minimum 70 adalah tingkatan F9.

Jenis HEPA Filter

Pada dasarnya perbedaan jenis HEPA Filter hanyalah istilah dalam pemasarannya. HEPA Filter memiliki standar efisiensi tertentu seperti yang telah dijelaskan. Namun sebagian produk memang dibuat menyerupainya dengan tidak mencapai standar tersebut.

1. True HEPA Filter

Jenis HEPA Filter yang satu ini adalah jenis yang memenuhi standar. Pada True HEPA Filter, penyaringan harus mencapai 99,97%. Angka tersebut berlaku untuk partikel dengan diameter 0,3 μm. Itu artinya, partikel yang dimaksud juga termasuk bakteri dan debu udara.

Kegunaan HEPA Filter menjangkau lingkup medis. Ruangan pembuatan obat pada industri farmasi membutuhkan penyaringan ini. Tujuannya adalah untuk menjaga kualitas obat yang dibuat agar tidak terkontaminasi zat yang tidak seharusnya.

Lebih jauh, pemasangan HEPA filter di rumah sakit adalah hal yang penting. Ini juga bisa menjadi jenis HEPA Filter untuk MOT pada  ruang operasi atau ruang lainnya yang harus steril.

2. HEPA-type atau HEPA-like

Di pasaran, terdapat juga penyaringan udara menyerupai HEPA namun tidak terstandar. Para produsen biasanya menyebutnya HEPA-type atau HEPA-like yang secara harfiah bisa diartikan “seperti HEPA”. Produk semacam ini tidak dapat dikatakan buruk karena masih bisa menyerap lebih dari 85% partikel kecil. Hanya saja belum mencapai standar HEPA.

Karena itu, HEPA-type atau HEPA-like tetap efektif digunakan dalam kegiatan masyarakat sehari-hari. Pembersihan yang dilakukan secara umum biasanya tidak memerlukan standar tertentu. Hal paling penting adalah hasilnya yang tampak bersih.

HEPA Filter jenis ini biasa digunakan sebagai vacuum cleaner serta penyaringan di mobil. Hal ini dikarenakan sifatnya yang bagus dalam menyaring berbagai partikel. Udara dalam ruangan pun menjadi steril dan sehat. 

Namun untuk ruangan yang membutuhkan tingkat kesterilan yang tinggi, HEPA Filter jenis ini agak meragukan. Jaminan akan kebersihan yang diberikan tidak maksimal dan bisa saja tidak layak untuk ruangan tersebut. Jadi, dalam memilih jenis HEPA Filter ini  sebaiknya perhatikan peruntukannya untuk menghindari kerugian.

Jenis HEPA Filter yang Cocok untuk MOT

Modular Operating Theatre (MOT) merupakan sistem ruang operasi yang digunakan dalam proses bedah pasien. Ruangan dengan MOT ini harus selalu steril. Oleh sebab itu, jenis HEPA Filter untuk MOT sudah seharusnya memiliki standar tinggi.

Itu berarti HEPA Filter yang cocok untuk dipasang adalah yang memiliki kelas F. Lebih baik lagi jika mengambil tingkatan tertinggi yaitu F9 yang efisiensi rata-ratanya di atas 95%. Dengan kata lain, True HEPA Filter yang efisiensinya 99,97% untuk partikel 0,3 μm adalah pilihan terbaik.

Pilihan ini tidak berlebihan mengingat MOT memiliki urgensi dalam hal kesterilan. Semua komponen yang digunakan harus terjamin kebersihannya agar tindakan operasi tidak justru menyebabkan masalah lain bagi pasien. Jaminan kebersihan tidak hanya berlaku untuk peralatan, tetapi juga seluruh ruangan bahkan dindingnya.

Dengan menggunakan HEPA Filter yang memiliki efisiensi terbaik, segala partikel yang tidak diinginkan akan terserap melalui alat tersebut. Tentunya, harus dilakukan perawatan secara rutin untuk menjaga performa dari HEPA Filter itu sendiri.

Pemasangan HEPA Filter biasanya dilakukan di langit-langit atau pun dinding bagian atas ruangan. Penyaring ini terhubung dengan sistem sirkulasi udara yang terintegrasi. Di dalam sistem tersebut selain penyaring udara juga terdapat penghangat dan pendingin udara.

Butuh HEPA Filter? Cari Saja di Sini!

Untuk mendapatkan HEPA Filter terbaik, kami adalah situs yang tepat untuk dikunjungi. Terdapat berbagai persediaan, termasuk jenis HEPA Filter untuk MOT. Tidak hanya itu, HEPA Filter ini juga bisa diaplikasikan ke berbagai industri.

Keberhasilan dan efektivitas HEPA Filter tidak hanya berdasarkan pada kualitas dan kelasnya. Proses pemasangan yang benar juga menentukan apa penyaringan dapat dilakukan dengan maksimal. Karena itu, penting untuk memilih jasa yang tepat.

Kami tersedia jasa penyediaan, pemasangan, maupun penggantian HEPA Filter. Pekerjaan dilakukan oleh ahlinya  dengan cara profesional. Dengan begitu, tidak akan ada kekhawatiran HEPA Filter yang dipasang justru menjadi tidak standar atau menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Soal harga tidak ada yang perlu dicemaskan. Harga yang kami berikan dijamin sesuai dengan kualitas produk dan pekerjaan. Karena bagi kami, kepuasan dan kenyamanan pelanggan adalah hal utama dalam memberikan pelayanan.

Pasang segera HEPA Filter di ruang operasi yang membutuhkan. Hubungi kami untuk pemasangan yang profesional. Dan tidak perlu ke mana-mana untuk mencari HEPA Filter yang diinginkan. Cukup pilih di sini, dan bisa langsung dilakukan pemasangan.

Jenis HEPA Filter untuk MOT maupun yang lainnya dengan kualitas terbaik bisa didapatkan di sini. Tahap pembangunan ruangan merupakan waktu yang tepat untuk melakukan pemasangan HEPA Filter. Jadi, jangan tunggu lebih lama lagi, langsung kunjungi kantor kami untuk mendapatkan pelayanan HEPA Filter terbaik.

Silahkan hubungi kami secepatnya untuk informasi pemasangan pintu hermetic atau pintu otomatis lainnya di kontak di bawah ini:



KONTAK KAMI

Phone : 0812 8802 5058

Whatsapp : 081288025058

Email : Lukmannulhakim81@gmail.com

Info terkait :

 

Leave a Reply